Kamis, 24 April 2008

TATAHKANLAH KEBAIKAN ORANG LAIN DI ATAS BATU DAN TULISLAH KEBAIKAN KITA DI ATAS PASIR

Posted by WAHYU KRISNANTO 20.55, under | No comments


“Udah dibantu nggak ngucapin terima kasih”. Kalimat ini yang sering secara tidak sadar kita ucapkan (lebih tepatnya cemoohan) pada seseorang yang mungkin lupa atau memang melupakan atas pertolongan yang pernah kita perbuat kepadanya. Dalam kehidupan modern yang penuh individualism ini jarang kita menemui seseorang yang mau membantu kepada sesamanya dengan ikhlas.
Kita terkadang lupa bahwa dengan membantu orang lain untuk menggapai harapannya adalah memperkaya diri kita, tidak saja menambah pahala kita (mengutip pada ajaran agama) tetapi yang terlebih penting lagi adalah menambah pertemanan kita dengan orang lain yang sebenarnya menambah jejaring (networking) kita. Dengan bertambahnya jejaring pertemanan secara tidak sadar kita membuat jembatan kesuksesan bagi diri kita.
Jangan pernah kita berpikir bahwa tidak membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan kita hanya sekedar tidak diperolehnya manfaat langsung ataupun penghargaan kepada diri kita. Demikian pula sebaliknya janganlah kita mengingat apa yang telah menjadikan kesakitan hati kita akibat perbuatan orang lain.
Sedapat mungkin tanamkan dalam paradigma hidup kita tolonglah orang lain yang membutuhkan pertolongan kita dengan ikhlas tanpa meminta imbalan. Jangan pernah terpikir dalam benak kita untuk mengingat perbuatan baik yang pernah kita perbuat pada orang lain, tetapi “hilangkan dalam ingatan kita perbuatan baik yang pernah kita perbuat” seperti kita menuliskan sebuah kalimat di atas pasir yang gampang hilang akibat tiupan angin. Biarkan orang lain yang menilai perbuatan baik yang kita perbuat pada orang lain.
Apabila ada seseorang yang pernah menolong diri kita, ingatlah perbuatan itu seperti kita menatahkan sebuah kalimat di atas bongkahan batu yang tidak akan hilang karena hanya tiupan angin.

0 komentar: